Pencipta Harvest Moon Antusias Dengan Perusahaan Barunya

Posted: October 27, 2012 in Uncategorized

Pencipta Harvest Moon Antusias Dengan Perusahaan Barunya

Beberapa waktu yang lalu, beberapa studio ternama di Jepang telah memutuskan untuk bergabung menjadi satu perusahaan besar. Studio-studio tersebut adalah Marvelous Entertainment, AQ Interactive dan LiveWare (studio yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi mobile). Ketiga studio itu bergabung menjadi perusahaan yang diberi nama MarvelousAQL. Mungkin gabungan ketiga studio ini masih belum sedahsyat seperti yang dilakukan oleh Square dengan Enix (menjadi Square Enix) ataupun Namco dan Bandai (menjadi Namco Bandai). Tapi, di dalam tubuh MarvelousAQL, terdapat produser-produser yang berada di balik game-game seperti Harvest Moon hingga game RPG hardcore seperti The Last Story.

Yoshifumi Hashimoto selaku petinggi dari semua game Harvest Moon dan juga pemimpin divisi produksi untuk MarvelousAQL ini, mengaku sangat antusias dengan gabungan terbaru ini. “Bisnis utama Marvelous adalah dalam bidang publikasi, bekerja dengan developer luar untuk sebuah proyek,” jelasnya pada salah satu majalah game ternama di Jepang, Famitsu. “AQI lebih kuat dalam hal pengembangan game, jadi dilihat dari sudut pandang itu, kami telah berhasil menutupi kelemahan dari kedua perusahaan yang ada disini. Memiliki sebuah studio pengembangan dalam tubuh kami ini bisa memberikan pengalaman yang kami butuhkan untuk membuat proyek yang lebih baik. Ini benar-benar merger yang telah dipikirkan matang-matang.”

Sebelumnya, ketiga perusahaan tersebut sudah pernah bekerja sama. LiveWare contohnya, merupakan perusahaan yang bertanggung jawab dalam membawa Harvest Moon ke seluruh jenis platform mobile yang ada di Jepang. Melihat hal tersebut, Hashimoto pun lantas melihat masa depan perusahaan barunya ini akan menapak di dunia portable yang sudah dipersenjatai juga dengan internet. “Saya rasa smartphone dan peralatan lain sejenisnya akan memungkinkan kami untuk melakukan apa yang sebelumnya tidak bisa kami lakukan dengan franchise Harvest Moon,” katanya. “Saya ingin melihat sebuah game Harvest Moon dimana orang-orang yang menyukai game tersebut dan orang-orang yang belum pernah mencobanya, bisa menikmati game tersebut sesuai dengan level masing-masing. Grand Knights History pertama kali direncanakan untuk diluncurkan sekitar dua setengah tahun yang lalu dan kami harus memprediksikan infrastruktur jaringan yang bisa diterima saat game tersebut dirilis, Dengan Vita dan 3DS, permainan menggunakan internet di portable pun telah menjadi lebih mudah untuk diakses dibandingkan sebelumnya dan kami akan terus mengejar mimpi kami untuk menciptakan sebuah permainan yang mengandalkan internet di masa mendatang.”

Kalau begitu, apakah itu berarti fokus utama MarvelousAQL akan berpaling dari dunia konsol untuk selamanya? Hashimoto mengakui bahwa itu memang tujuannya. “Saya sudah diwawancarai oleh beberapa media asing yang berbeda saat acara Tokyo Game Show 2011 berlangsung dan satu hal yang hampir ditanyakan oleh mereka semua adalah ‘Apakah menurutmu, pembuat game di Jepang mau mencoba membuat game konsol dengan dana besar seperti yang telah dilakukan oleh studio yang ada di Barat?’” jelasnya. “Saya jelas suka dengan game konsol dan saya juga ingin membuat lebih banyak lagi, tapi yang lebih saya khawatirkan sekarang adalah tentang fakta bahwa jumlah orang yang tidak menyentuh game sama sekali sudah mulai meningkat. Kalau kamu tumbuh besar tanpa pernah menyentuh game, maka kamu tidak akan pernah kembali untuk menyentuhnya; kamu tidak akan menjadi seorang gamer. Pada saat bersamaan, orang-orang yang memainkan game di ponsel ataupun smartphone – mereka adalah gamer.”

Sejauh ini, MarvelousAQL telah mengumumkan tiga game untuk PS Vita, yang semuanya adalah game sejenis game action ataupun RPG. Satu lagi game lain yang akan diluncurkan oleh MarvelousAQL adalah King of Pirates yang dikembangkan oleh Keiji Inafune. Bagi Hashimoto, ini merupakan kesempatan yang sangat bagus sekali untuk mengujir masa depan baru bagi dirinya dan perusahaan barunya itu. “Saya selalu menatap ke depan, melakukan hal baru yang belum pernah dilakukan oleh siapapun,” katanya. “Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi saya daripada orang yang mengatakan ‘tidak ada yang mirip seperti game ini.’ Saya akan terlibat dalam pengembangan game yang lebih banyak lagi dan itu akan menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk melihat seberapa banyak saya bisa terlibat dengan mereka dan membuat semuanya itu menjadi lebih menyenangkan, tapi saya akan mencoba memasukkan esensi diri saya ke dalamnya dan mencoba untuk bersenang-senang dalam mengembangkannya bersama dengan pekerja baru saya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s