tutorial mapping rpg maker xp

Posted: November 18, 2012 in Uncategorized

Dalam membuat game menggunakan aplikasi RPG Maker XP berbagai bentuk layout dapat dibuat dengan menggunakan tool yang disediakan. Salah satunya disini adalah membuat layout map games yang ada sungainya dalam map tersebut. Cara membuatnya pun cukup mudah dan hanya memerlukan memebarapa tool dan langkah saja. Dalam projek kali ini akan dijelaskan langkah-langkah membuat map dengan sungai pada RPG Maker XP.

Pertama kita buat terlebih dahulu map dasar dengan rumput seperti biasanya. Caranya pilih tile rumput kemudian tekan pilihan tool Flood Fill dan klik-kan di tengah halaman tersebut.
Kedua kita akan membuat motif sungai terlebih dahului. Caranya kita pilih salah satu tile yang memiliki kontras warna cukup jelas dengan background. Kemudian kita pilih tool Pen untuk membuat motif. Lakukan pergerakan mouse dengan klik untuk membentuk motif pada halaman background tersebut.
Ketiga kita akan membuat motif yang telah dibuat menjadi sungai yang berisi air. Caranya kita pilih tile seperti ditunjukkan gambar di bawah ini, kemudian pilih tool Flood Fill. Kita klik-kan sekali pada area motif tersebut. Motif akan berubah menjadi aliran sungai.

Keempat, untuk mempercantik tampilan bisa dilakukan penambahan beberapa motif yang dapat dibuat menggunakan tile seperti pada gambar di bawah ini menggunakan tool Pen. Lakukan pergerakan mouse dengan klik sesuai pada daerah yang ingin dibuat berbeda dan sesuai keinginan.

Projek sudah selesai dan hasil akhir sederhana dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

Selamat mencoba.

Leave a comment